10 Tips Memilih AC Rumah Yang Bagus & Berkualitas

Sebagaimana kita tahu bahwa indonesia adalah negara yang beriklim tropis, yang akan mengakibatkan cuaca terasa akan semakin panas pada saat musim kemarau tiba. Teriknya sinar matahari pada saat siang hari seakan menjadi musuh bebuyutan bagi banyak orang. 

Kita juga setidaknya harus berterima kasih kepada John Gorrie dan Willis Carrier yang berhasil menemukan teknologi air conditioner atau biasa disebut (AC).

Saat ini teknologi yang mereka temukan dan yang mereka kembangkan sangat sukses membuat banyak orang tidak kegerahan lagi dan menjadikan AC sebagai salah satu alat favorit banyak orang. Bahkan, saat ini sudah jadi alat salah satu perangkat yang wajib digunakan.

Bagi anda yang saat ini sedang ingin membeli pendingin ruangan atau AC, sebaiknya anda simak dulu ada beberapa tips memilih AC yang tepat dengan kebutuhan anda di rumah:

1. Sesuaikan Ukuran PK dengan Luas Ruangan

Bagaimana Mengetahui Kapasitas PK AC yang Sesuai Kebutuhan

Ketika anda ingin membeli AC, salah satu hal yang sangat penting adalah besaran Pardee kracht (PK). PK sendiri secara harfiah dari bahasa Jerman yang berarti tenaga kuda (biasanya digunakan pada daya motor atau pada daya mobil).

Namun, dalam konteks di sini juga bisa dibilang merupakan besaran tenaga yang bisa dihasilkan dari pendingin ruangan tersebut.

PK sendiri menjadi salah satu pertimbangan yang paling utama. Untuk menentukan besarnya PK yang akan anda inginkan, anda juga perlu mengetahui luas ruangan yang akan menjadi lokasi peletakan AC tersebut. Hal yang seperti ini juga perlu dilakukan agar suhu dingin menyebar dengan rata.

2. Pilih Jenis AC yang Sesuai

Pilih Jenis AC yang Sesuai

Terdapat jenis AC yang bisa anda pilih dengan sesuai kebutuhan anda. Jenis AC tersebut seperti AC split, AC sasate, atau AC standing floor. Namun, untuk penggunaan di rumah anda juga bisa menggunakan AC split dan cassete, juga tergantung pada ruangannya. Meski begitu juga, AC split saat ini umum untuk digunakan.

3. Perhatikan Tipe AC

Perhatikan Tipe AC

Saat ini, juga terdapat tiga tipe AC, yaitu standar, low watt, dan juga inverter. Pada dasarnya, cara kerja AC tipe standar dan AC tipe low watt sama saja. Namun, pada tipe yang rendah daya, kinerja kompresornya akan lebih kecil, dan sehingga akan lebih hemat.

AC low watt juga sangat cocok untuk rumah dengan kapasitas listrik kecil. Untuk tipe inverter, AC dengan tipe yang seperti ini juga akan bekerja dengan keras untuk mendinginkan ruangan pada tarikan pertamanya.

Namun setelah ruangan terasa dingin watt yang yang digunakan akan mengecil. Pastinya akan menghemat energi

4. Cermati Fitur Penting pada AC

Cermati Fitur Penting pada AC

Yang selanjutnya yakni pastikan fitur dalam AC yang anda beli sesuai dengan kebutuhan anda. Ada baiknya terlebih dahulu anda baca mengenai tentang fitur-fitur penting yang ada pada pendingin ruangan atau AC. Apakah sudah ada fitur terkini, seperti rendah konsumsi daya, mode otomatis dan lain sebagainya.

Gunakan lah fitur tersebut dengan sebaik mungkin, karena percuma saja jika anda sudah membeli AC dengan teknologi terkini, namun anda tidak sama sekali memanfaatkannya.

5. Jumlah Orang dalam Ruangan

Jumlah Orang dalam Ruangan

Jumlah orang dalam ruangan juga akan mempengaruhi dengan tingkat dingin dan kinerja AC yang akan anda gunakan. Ruangan dengan jumlah orang yang semakin banyak dan PK tidak mencukupi, tentu akan membuat suhu pada AC yang akan menjadi tidak terlalu dingin lagi, dan akan membuatnya bekerja dengan lebih keras.

Oleh karena itu, pemilihan PK pada AC juga tergantung dari banyak sedikitnya jumlah orang yang akan berada dalam ruangan tersebut.

6. Pentingnya Fitur Hemat Listrik

Pentingnya Fitur Hemat Listrik

Membeli AC dengan teknologi yang memungkinkan data listrik yang diambil tidak terlalu besar alias hemat daya juga sangat penting untuk dijadikan pertimbangan.

Sekarang ini juga sudah cukup banyak sekali pabrikan yang membekali produk mereka dengan fitur hemat listrik. 

7. Beli AC yang Branded

Beli AC yang Branded

Banyak sekali merk AC yang sekarang ini dapat dengan mudah anda temui di pasaran. Sebaiknya, pilih merk AC yang memang sudah terkenal dan direkomendasikan oleh banyak orang. Jangan takut dengan harga yang terlalu mahal, karena ada harga, pasti juga ada kualitas yang terbukti.

Namun tetap saja, coba lah untuk membaca review cara pemakaian dari orang lain. Sehingga, anda dapat menentukan merk pilihan tanpa penyesalan.

8. Desain Sederhana

Desain Sederhana

Kita tahu bahwa desain AC saat ini sangat berbagai macam, coba saja anda lewati salah satu toko elektronik terdekat dan perhatikan berbagai macam produk pendingin yang terpampang di salah satu sudut toko. Dari sekian banyak yang didesain, pilih lah desain yang sangat sederhana.

Sehingga, ketika anda membersihkan filter AC juga tidak perlu repot untuk melepas bagian komponennya.

9. Tentukan Budget

Tentukan Budget

Pastinya anda perlu memastikan berapa budget anda ketika ingin membeli sesuatu, dalam hal memilih AC. Di pasaran, pasti tersedia berbagai macam produk dari kelas low end, mid, hingga high end.

Tinggal anda sesuaikan berapa besaran pengeluaran yang anda sudah tentukan memilih AC, dan jangan lupa pilih yang terbaik dan juga berkualitas.

Untuk melihat daftar harga ac branded terbaru bisa dilihat di pakarharga.net

10. Peletakan AC

peletakan ac

Setelah itu, anda juga perlu memperhatikan ruangan mana yang akan anda pasang AC. jika saja anda ingin meletakan pada ruang kamar, jenis yang sangat cocok untuk anda gunakan adalah jenis split dengan PK ¾ hingga 2 PK, dan suhu 23-24 Celsius.

Untuk bagian di ruang tamu dan ruang luar, juga bisa menggunakan AC dengan tipe sasset dengan 1-2 PK dan atur suhu sekitar 23-26 Celsius.