10 Jenis Kaktus Mini Hias Yang Mudah Dirawat Dirumah

Siapa yang tidak mengenal tanaman kaktus yang satu ini? Tanaman khas gurun pasir yang sangat terkenal dengan ukurannya yang besar, duri diseluruh permukaan, dan mampu bertahan dengan sedikit air.

Sekarang, tanaman kaktus tidak hanya bisa ditemukan di gurun pasir saja, tapi juga dapat ditemukan di rumah-rumah, tentunya dalam ukuran yang relatif sangat kecil dari yang berada di gurun pasir atau yang biasa disebut dengan kaktus hias atau juga bisa disebut dengan kaktus mini.

Karakteristik tanaman kaktus adalah tanaman yang memiliki daun berbentuk duri, juga memiliki batang yang berlapis lilin untuk mempertahankan kadar air, pada batang kaktus tersusun dengan jaringan spon untuk menyimpan kadar air.

Akar yang dimiliki tanaman kaktus ini juga sangat panjang dan menyebar luas ke dalam tanah, akar yang panjang tersebut berfungsi dengan tujuan untuk lebih bisa menjangkau ataupun mengambil air dan unsur hara yang terdapat di dalam tanah.

Kaktus hias merupakan tanaman favorit untuk menghias tanaman yang kering. Tanaman kaktus hias ini tidak membutuhkan area tanaman yang besar, sebuah pot kecil saja sudah cukup untuk mereka. 

Untuk anda yang mengaku para pecinta tanaman, inilah ada beberapa jenis tanaman kaktus mini yang wajib anda miliki:

1. Kaktus mini Ariocarpus

Kaktus mini Ariocarpus
http://www.unitedwaymasonco.org

Pada umumnya, tanaman kaktus juga memiliki duri pada daunnya. Namun, kaktus hias jenis Ariocarpus yang satu ini justru tidak memiliki duri sama sekali. Daun kaktus mini ini memiliki bentuk yang menyerupai prisma.

Ada yang ujungnya melengkung, tumpul, dan ada juga yang runcing. Bunganya yang berukuran besar hampir seukuran dari batangnya dan juga memiliki berbagai macam warna seperti contohnya warna ungu, putih, pink, kuning, dan juga merah.

2. Kaktus mini Astrophytum

Kaktus mini Astrophytum
http://www.unitedwaymasonco.org

Kaktus mini jenis Astrophytum yang satu ini bentuknya menyerupai bintang atau buah belimbing. Bunganya juga ada yang berwarna kuning, merah, dan juga warna pink. Bagian batangnya juga membentuk seperti bola. Kaktus mini jenis ini termasuk tanaman yang cukup mudah untuk berbunga.

Solusi untuk mempermudah pertumbuhan pada bagian bunganya, yakni dengan cara meletakkan tanaman kaktus ini di ruangan dengan suhu sekitar kurang lebih 40º Celcius, akan tetapi tidak terlalu banyak mendapat paparan sinar matahari.

3. Kaktus mini Cereus Tetragonus

Kaktus mini Cereus Tetragonus
http://www.unitedwaymasonco.org

Kaktus mini yang berikutnya yang bisa anda pelihara di rumah adalah kaktus mini jenis Cereus tetra gonous. Kaktus mini jenis ini berasal dari Amerika dan juga bisa tumbuh tinggi memanjang. Dan bentuknya yang menyerupai kastil sehingga juga cocok diletakkan di sekitar pagar rumah atau penghias jendela di dalam rumah.

4. Kaktus mini Cephalocereus Senilis

Kaktus mini Cephalocereus senilis
http://www.unitedwaymasonco.org

Kaktus mini jenis Cephalocereus senilis yang satu ini juga sering disebut sebagai kaktus orang tua. Seluruh bagian kaktus mini ini yang dipenuhi dengan rambut panjang berwarna putih, mirip seperti layaknya seorang kakek-kakek yang ada di film kolosal.

Juga tidak tanggung-tanggung, rambut putih tersebut juga bisa tumbuh mencapai 12 cm. Agar kaktus yang satu ini bisa hidup dan juga tumbuh subur, anda juga harus meletakkannya di area yang suhu udaranya sekitar kurang lebih 32-40º Celcius.

5. Kaktus mini Echinocactus Grusonii

Kaktus mini Echinocactus Grusonii
http://www.unitedwaymasonco.org

Kaktus mini jenis Echinocactus grusonii ini bentuknya yang menyerupai seperti gentong. Kaktus yang berasal dari Meksiko dan Texas ini sering juga disebut sebagai golden barrel yang artinya gentong berwarna emas.

Yang pada alasannya adalah duri-duri diseluruh permukaan yang berwarna kuning kecoklatan membuatnya yang akan terlihat seperti gentong berwarna emas.

Jenis tumbuhan kaktus ini adalah tumbuhan salah satu favorit pecinta tanaman dan harganya yang cukup tinggi. Jenis tanaman kaktus ini sangat pas banget untuk rumah dengan interior skandinavia.

6. Kaktus mini Echinofossulocactus

Kaktus mini Echinofossulocactus
http://www.unitedwaymasonco.org

Tumbuhan kaktus ini terlihat sangat unik karena batangnya yang berwarna hijau tua yang dikelilingi dengan duri yang cukup besar.

Kaktus mini jenis ini juga termasuk kaktus yang pertumbuhannya sangat lambat. Ia membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 3 tahun untuk mengeluarkan bunga. Bunganya sendiri ada yang berwarna putih, merah, dan juga warna kuning. 

7. Kaktus mini Ferocactus

Kaktus mini Ferocactus
http://www.unitedwaymasonco.org

Kaktus mini jenis Ferocactus ini tampilannya yang cukup mengerikan untuk orang awam, namun cantik di mata para pecinta tanaman. Kaktus ini bentuknya yang bulat dengan batang yang berlekuk.

Durinya juga tumbuh secara acak dan berukuran tidak kalah besar dari ukuran kaktus yang lainnya. Kaktus yang tidak memiliki bunga ini tampak sangat menarik berkat duri merah jambunya.

8. Kaktus mini Gymnocalycium

Kaktus mini Gymnocalycium
http://www.unitedwaymasonco.org

Kaktus mini jenis Gymnocalycium yang satu ini memiliki bentuk layaknya menyerupai buah labu dengan tanduk sebagai tempat tumbuhnya bunga. Lucunya, bagian tanduk tanaman kaktus ini tempat bunganya yang muncul tidak dipenuhi oleh duri.

Bunganya sangat bermekaran dengan indah di beberapa sisi dan juga warnanya yang sangat cerah. Buat anda yang sedang bingung memilih tanaman hias untuk rumah anda, Gymnocalycium juga bisa jadi pilihan terbaik anda.

9. Kaktus mini Haworthia attenuata

Kaktus mini Haworthia attenuata
http://www.unitedwaymasonco.org

Kaktus mini jenis Haworthia attenuata yang satu ini juga sering disebut-sebut sebagai tanaman zebra sekaligus tanaman lidah buaya mini. Kaktus yang satu ini memiliki duri-duri yang sangat kecil di bagian pinggir pada batangnya.

Kaktus yang berasal dari Afrika Selatan ini juga sangat mampu bertahan hidup dengan sedikit cahaya sehingga sangat cocok dijadikan penghias coffee table di ruang keluarga atau ruang dapur.

10. Kaktus mini Lobivia oganmaru

Kaktus mini Lobivia oganmaru
http://www.unitedwaymasonco.org

Kaktus mini jenis Lobivia oganmaru yang satu ini cukup aneh bentuknya, jika dibandingkan dengan kaktus mini jenis lainnya. Batangnya tidak terlalu bulat atau memanjang melainkan pipih. Uniknya, di bagian ujung batang yang pipih ini ada bagian lainnya yang berwarna kuning bagaikan jambul dari tanaman kaktus.

Kaktus yang bisa tumbuh hingga 10 cm ini juga sangat cocok diletakkan di mana saja untuk menghias hunian anda, misalnya seperti dekorasi kamar tidur ataupun ruang tamu.

Tanaman kaktus hias mini adalah tanaman yang sangat unik serta tahan terhadap lingkungan yang kering, kaktus juga cukup mudah dalam perawatannya. Perawatannya yakni cukup disemprot menggunakan sprayer tanaman untuk menjaga kualitas tanaman.

Kaktus hias yang cukup unik dan juga dapat hidup didalam ruangan dengan media pot sangat pas buat hiasan ruangan rumah. Anda juga bisa menaruhnya di atas meja ruang tamu atau atau juga bisa di meja samping dekat ruang tamu sebagai penambah estetika keindahan interior rumah anda.

Sedikit kami bahas ada beberapa fungsi dan juga manfaat tanaman kaktus sebagai tanaman hias yang bernilai tinggi. Berikut simak ulasannya:

1. Kaktus Hias untuk Pekarangan Rumah

kaktus hias untuk pekarangan rumah
http://www.unitedwaymasonco.org

Tanaman kaktus hias yang berukuran mini juga bisa anda tanam pada media pot kecil di pekarangan rumah. Dekorasinya dengan cara menggantung pot kaktus dengan menggunakan kawat pada tempat-tempat tertentu.

Selain digantung, pot kaktus juga bisa didesain menempel pada bagian dinding rumah anda. anda juga bisa menaruhnya pada sebuah rak-rak yang sudah tertata rapi di depan rumah anda.

Hal yang seperti ini bisa anda jadikan tempat pembiakan kaktus dan jika sudah beranak pinak, anda juga bisa menjualnya secara mudah.

2. Kaktus Hias untuk Ruangan Didalam Rumah

Kaktus Hias untuk Ruangan Didalam Rumah
http://www.unitedwaymasonco.org

Tanaman kaktus hias yang sudah sepaket dan ditanaman pada media pot juga bisa anda tanam didalam rumah, penempatannya juga bisa di tempat pada meja di sekitar ruang tamu.

Anda juga bisa menaruhnya di meja utama atau meja sekitar ruangan. Disarankan penempatan di dekat jendela yang terdapat banyak pancaran matahari masuk.

Untuk perawatan tanaman kaktus untuk dekorasi ruangan, cukup menggunakan alat penyiraman sprayer berisi air. Semprotkan pada tanaman kaktus secukupnya, penyiraman cukup 1 minggu sekali. Penggantian media tanam pada pot dilakukan 3 sampai 4 minggu sekali, isi dengan batu kecil serta tanah humus yang bercampur dengan pasir.

Yang terpenting yakni 3 hari sekali keluarkan tanaman kaktus di luar rumah anda agar bisa menerima nutrisi dari sinar matahari, waktu penjemuran kurang lebih 3 sampai 4 jam dalam sekali waktu.

Lakukan hal ini rutin selama kaktus masih bisa tumbuh dengan sempurna, karena yang namanya makhluk hidup pasti mempunyai umur dan juga batasan umur.

3. Kaktus Mini untuk Hiasan Meja Kerja

Kaktus Mini untuk Hiasan Meja Kerja
http://www.unitedwaymasonco.org

Tanaman kaktus mini hias juga sangat bagus jika anda taruh di meja kerja, sebagai tujuan penghias meja dan juga penenang pikiran. Karena tanaman kaktus yang cantik dan juga unik bisa anda jadikan objek yang cantik untuk mengatasi rasa jenuh anda ketika bekerja.

Perawatan tanaman kaktus untuk penempatan di dalam ruangan sama dengan poin nomor 2. Tambahan, jika meja kerja anda dekat dengan jendela, sesekali taruh tanaman kaktus hias ini di dekat jendela tersebut. Lalu ambil tanaman kaktus itu jika anda merasakan rindu untuk menemani anda bekerja.

4. Kaktus Sebagai Pernak Pernik Acara Pesta  Pernikahan

 

Kaktus hias hingga saat ini sangat populer untuk dijadikan pernak-pernik dan souvenir acara pernikahan. Souvenir ini memang tidak biasa dan sangat unik, karena keunikannya ini banyak yang menjadikan tanaman yang tangguh, mungil dan cantik ini sebagai souvenir di acara pernikahan.

Kaktus dalam acara pesta atau acara pernikahan biasanya ditanam pada media pot yang berukuran kecil atau mini dengan media batu, kemudian pot ditaruh dalam paper bag dan bertuliskan kata-kata mutiara atau pesan kepada penerima souvenir.

Pot yang digunakan juga bisa berupa kayu handmade, dan kerajinan-kerajinan lain dari barang bekas yang menarik serta unik. Selain pada media pot dengan paper bag, souvenir kaktus juga ada yang ditaruh di dalam wadah toples kaca yang bening. Dan ketika dilihat tanaman kaktus akan terlihat lebih indah dan menawan.

Berikut manfaat dari kaktus:

1. Detoksifikasi

Kandungan taurin yang terdapat pada air kaktus yang ada di batang, dapat membantu detoksifikasi tubuh. Yang dimaksud dengan detoksifikasi ini adalah proses mengeluarkan racun-racun yang menumpuk di dalam tubuh.

2. Melembabkan kulit

kaktus juga bisa menjadi alternatif perawatan kecantikan, karena dapat melembabkan kulit dan membuat kulit yang akan terasa lebih kenyal. Bersihkan batang atau daging kaktus, lalu kemudian potong-potong dan letakkan di wajah.

3. Menyembuhkan dari gigitan serangga

Kandungan tyramine dan hordenine pada kaktus juga dapat menjadi penawar racun dari gigitan serangga. Rasa gatal dan ruam yang terasa juga dapat ditangani dengan tumbuhan kaktus ini. Tumbuk hingga halus tubuh kaktus lalu oleskan pada bagian tubuh yang digigit serangga.

4. Mengatasi diabetes

pektin yang terkandung dalam kaktus juga dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Hal ini sangat baik bagi penderita diabetes.

5. Meredakan sakit perut

Kaktus juga bermanfaat untuk meredakan sakit perut, mual, muntah, ataupun keluhan masalah pencernaan lainnya. Hal yang seperti ini dikarenakan batang kaktus yang bersifat mendinginkan.

6. Mencegah tumor dan kanker

kandungan antioksidan dalam kaktus cukup baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan penyakit-penyakit yang berbahaya, seperti penyakit tumor yang berpotensi berkembang menjadi sel kanker.

7. Mencegah serangan jantung dan penyakit jantung koroner

Kaktus juga dapat membantu tubuh menjaga keseimbangan kolesterol dalam darah. Kolesterol jahat akan turun, sehingga akan terhindar dari serangan jantung dan penyakit jantung koroner.