Cara Menanam Tanaman Hidroponik

Cara Membuat Tanaman Hidroponik

Hidroponik menjadi cara menanam tanaman yang sedang naik daun, cara ini juga sangat digemari karena untuk menanam tumbuhan tidak lagi diperlukan tanah dan juga lahan yang luas.

Dengan memakai cara menanam hidroponik, maka anda juga tidak perlu lagi memusingkan diri akan menanam dimana, karena anda bisa menanam di mana pun.

Anda juga bisa menggunakan bahan bekas dan juga bisa menggantungkannya di tembok. tidak hanya itu saja, media bertanam menggunakan air juga bisa mengasah kreativitas anda untuk mengolah dan juga menciptakan media baru untuk bercocok tanam.

Dengan menanam memakai cara hidroponik ini, maka hasil panen akan lebih cepat.

Namun anda juga harus memperhatikan aspek yang lainnya yaitu ketepatan dalam pemberian nutrisi, intensitas cahaya, dan juga suhu di sekitar tanaman tumbuhan tersebut.

Bagi anda yang pemula, hal yang harus anda lakukan dan perhatikan adalah air nutrisi yang benar-benar tepat dan dapat terserap dengan sempurna.

Hal ini karena dengan memakai cara tanam hidroponik, maka nutrisi yang didapatkan hanya melalui air nutrisi saja.

Cara Menanam Tanaman Hidroponik Yang Mudah Dicoba

Bagi anda para pemula yang masih bingung dengan cara bertanam hidroponik, langsung saja simak beberapa cara menanam hidroponik dibawah ini :

1. Cara menanam hidroponik menggunakan NFT (Nutrient Film Technique)

Cara ini juga merupakan cara yang sangat populer yang digunakan oleh banyak orang dalam mengaplikasikannya cara menanam hidroponik.

Cara menanamnya :

  • Siapkan sebuah pipa atau talang, dan juga pompa
  • Lubangi pipa dan pastikan jarak satu lubang dan lubang yang lainnya sama.
  • Susun pipa dan juga talang yang sudah dipersiapkan untuk menjadi tempat menanam tanaman.
  • Siapkan penampung pada bagian ujung pipa yang lebih rendah.
  • Pasang pompa bertujuan untuk mengalirkan air nutrisi agar alirannya mengalir dengan maksimal.
  • Cara yang satu ini memiliki konsep dasar menanam akar tanamannya tumbuh pada bagian lapisan nutrisi yang tidak terlalu dalam dan juga menjaga sirkulasinya agar tanaman tetap mendapat nutrisi, oksigen, dan air secara baik dan juga tercukupi.

2. Cara menanam hidroponik dengan menggunakan WICK

Cara kedua ini menanam hidroponik juga tidak kalah terkenal dengan cara yang pertama tadi.

Cara yang satu ini disukai karena pembuatannya yang mudah serta bahan-bahan yang mudah didapatkan serta murah. Bahkan anda pastinya juga bisa menggunakan barang bekas.

Bahan – bahan :

  •  1 buah botol air mineral
  • Alat pemotong, seperti gunting atau pisau
  • Sumbu kompor atau bisa juga kain flanel
  • Alat untuk melubangi, berupa solder atau paku
  • Air nutrisi

Cara membuat :

  • Potong botol bekas tadi menjadi dua bagian.
  • Lubangi bagian tutup botol
  • Gabungkan kedua bagian botol yang sudah dipotong dan juga dilubangi tadi. Caranya yakni dengan membalik bagian moncong botol menghadap ke bawah.
  • Pasang sumbu kompor pada lubang ditutup botol, pastikan sumbu atau air bisa menyerap nutrisi dengan baik.
  • Tanam bibit tanaman pada bagian atas botol lalu kasih tanah secukupnya.
  • Isi air nutrisi di bagian bawah botol

Dengan memakai kedua cara menanam sayuran dan cara menanam tumbuhan dengan cara hidroponik ini, pastinya anda bisa menghemat tempat dan juga waktu untuk perawatan.

Pada umumnya, tanaman yang bisa menghasilkan hasil yang memuaskan dengan metode budidaya hidroponik adalah tanaman sayur daun.

Berikut adalah beberapa contoh tanaman yang bisa ditanaman dengan metode hidroponik :

Jenis Tanaman Hidroponik

1. Tanaman Sawi hijau

Tanaman sawi juga merupakan salah satu kebutuhan pasar yang selalu meningkat, oleh karena itu juga cukup banyak petani yang berpikir secara cerdas cara menanam sawi dalam jumlah yang banyak akan tetapi tidak membutuhkan lahan yang luas.

Lalu timbulah cara menanam dengan metode hidroponik, jenis tanaman sawi yang cocok ditanam dengan metode hidroponik adalah sawi hijau.

2. Tanaman Selada hijau

Tanaman yang satu ini juga bisa ditanam pada daerah beriklim sedang maupun beriklim tropis.

Karena masalah jumlah produksi yang kurang banyak petani beralih menanam selada hijau dengan menggunakan metode hidroponik.

3. Tanaman Buncis

Tanaman yang satu ini cukup banyak mengandung gizi yang sangat luar biasa seperti contohnya protein nabati, vit A, vit B, dan juga vit C.

Tanaman yang satu ini tidak sulit dibudidayakan, oleh karena itu penanaman juga dapat dilakukan dengan metode hidroponik.

4. Tanaman Pare

Tanaman berikutnya adalah tanaman pare, tanaman ini tumbuh merambat serta buahnya yang berwarna hijau kandungan vitaminnya juga sangat banyak diantaranya vit A, bit C, fosfor, dan zat besi.

Oleh karena itu juga banyak petani yang melakukan budidaya menggunakan metode hidroponik.

5. Tanaman Bayam

Bayam juga merupakan salah satu tanaman hijau yang sering sekali kita jumpai di berbagai di indonesia khususnya di setiap warung makan.

Bayam juga memiliki kandungan gizi yang sangat luar biasa, tidak hanya vitamin saja akan tetapi bayam juga mengandung magnesium, kalsium, folat, protein, dan juga serat.

Keunggulan Menanam Tanaman Hidroponik

Kira-kira apa saja keunggulan dalam menanam menggunakan sistem hidroponik? Berikut ada beberapa kelebihan penanaman menggunakan metode hidroponik:

  • Kelebihan menanam menggunakan metode yang seperti ini juga dapat menghemat biaya, karena anda juga tidak harus melakukan penyiraman air hanya saja melakukan kontrol.
  • Selanjutnya anda tidak perlu lahan yang terlalu luas sebab menggunakan hidroponik hanya menggunakan lahan yang kecil meskipun jumlah tanaman yang banyak .
  • Dalam proses perawatan yang lebih ramah lingkungan juga tidak perlu menggunakan obat hama atau obat pestisida.
  • Kelebihan berikutnya dari hidroponik juga tidak merusak tanah sebab media penanam sama sekali tidak menggunakan tanah.
  • Hasil tanaman juga sangat terjamin kesehatannya.
  • Dapat memeriksa tanaman dalam keadaaan sehat.

Itulah tadi ulasan lengkap seputar jenis tanaman apa yang cocok ditanam dengan metode hiropnik beserta cara membuatnya yang mudah sekali dipraktekkan di rumah.

Untuk melihat ragam jenis tanaman hidroponik, Anda bisa simak selengkapnya di situs ruangarsitek.id

Selamat mencoba !